Saya suka angka 4

28 09 2007

crazy_love.jpgBermacam macam arti dari angka. Dan ilmu otak-atik angka juga merupakan ilmu yang”berat” dari sisi laku mistik dan keahlian. Bolehlah bila bahasa inggris disebut sebagai bahasa dunia. Tetapi matematika-lah yang dikatakan sebagai bahasa universal (bahasa alam semesta).
Kalau kita bercerita tentang angka, hampir semua angka unik. Misalnya angka 2 adalah satu2nya bilangan prima yang genap. Angka 9 juga aneh. Berapapun angka dari 1s/d 9 dikali 9 jumlah hasilnya jika ditambahkan akan menghasilkan 9 juga. Misalnya 3×9=27, maka 2+7=9. atau 7×9=63 lalu 6+3=9.


Tetapi pertanyaannya mengapa 4?

Karena 4 adalah angka yang bagus dari sisi penerapan. Setidaknya begitu menurut saya pribadi. Segi-4 adalah bentuk yang kokoh, dan mapan. Penerapan atas kestabilan, dan kemapanan, dapat dilihat pada mobil. Sampai saat ini the most finest vehicle selalu memiliki sumbu roda di 4 titik. Walaupun truk memiliki 6 roda, tetap saja bertumpu pada 4 titik. Gedung pencakar langit sampai akhir tahun 80-an sebagian besar memiliki bentuk dasar segi4 (walau sekarang sudah ada menara petronas yang bulat).
Selain itu bidang segi4 juga memberikan rasa keadilan karena merupakan bidang yang bila dibagi4 tetap bisa menghasilkan bidang baru yang identik. Kubus adalah aplikasi 3 dimensi dari segi4 sama sisi dan kaki, yang mampu memberikan keadilan bidang sehingga bentuk tersebut diterapkan sebagai dadu.
Kalau angka 4 yang dapat disebut sebagai simbol mematikan, adalah karena senapan serbu yang paling terkenal (the most finest rifle in the world) bernama M-4, bom terkenal adalah C-4, dan tank yang tak kalah tenar dari tiger jerman adalah sherman M-4.
Dan tidak dapat dipungkiri juga bahwa bentuk segi4 adalah bentuk yang paling ortodok, paling mapan, dan paling fleksibel penerapannya. Dari jaman leonardo dan vinci sampai saat ini kanvas lukisan selalu segi 4. frame foto pernah bulat, tetapi saat ini semua hasil cetak foto adalah segi4.
Jangan lupa monitor atau tv, kartu-kartu atm, kartu remi, kartu kunci, uang kertas, de el el. Walaupun ada yang sudutnya rounded, tetapi dasarnya tetap segi4. belum ada uang kertas segitiga atau lingkaran. Atau kartu atm berbentuk hexagon?? Mungkin perlu diciptakan televisi berbentuk segi 8, sapa tau keren.

Bagaimana dengan referensi lain?
Tetapi, (sok tau nih) angka 4 juga angka yang tidak disukai di cina. Alasannya karena penyebutan angka 4 dengan mati memiliki lafal sama (kalo ngga salah). Makanya saat membaca komik kenji, disitu ditulis “kamu tidak akan suka mendapatkan 4 hitungan… goh”. Berbeda budaya maka bisa saja berbeda makna arti dan perbendaharaan kan?! Itu boleh2 saja dan menurut saya justru amat menarik.
Saya belum menyelidiki secara detail dan seksama (hanya sekilas2 saja) arti angka 4 dan posisinya dalam budaya pada peradaban2 lainnya (dduuuh susah sekali). Tetapi di India, terutama para penganut Buddha, ada 4 prinsip dasar dalam agama Buddha yangdisebut catvari-arya-satyani. Di Arabia yang terkait erat dengan religi Islam, terdapat 4 mahzab yang menjadi rujukan jemaah islam di seluruh dunia yaitu, Maliki, Syafi’I, Hanafi, dan Hambali. Negara adidaya Amerika juga merdeka pada tanggal 4 Juli. Jadi kalo dikait-kaitkan dengan banyak hal, angka 4 adalah angka yang kereen en mistik juga kan?! I love you 4.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: