Borobudur’s Journey

TOUR DE MAGELANG 1 > BOROBUDUR

Tipe fotografi dari tour de magelang ini adalah foto jurnalistik. Karena selain melakukan pemotretan, juga dilakukan liputan informasi ringan yang dapat memberikan wawasan bagi audiens.

kunjungan ke candi borobudur adalah salah satu bagian dari tour de magelang. dalam tour ini ada 2 obyek utama yang dikunjungi serta menjadi fokus, yaitu obyek alam dan obyek bangunan.

Candi Borobudur terletak sekitar 40 kilometer dari kota Yogyakarta ke arah barat laut. Candi ini merupakan candi Budha yang didirikan oleh dinasti Syailendra pada tahun 778 masehi. Borobudur memiliki 3 tingkat secara filosofi. Tingkat tertinggi adalah Arupadatu, yaitu tingkatan kesempurnaan tanpa wujud. Tingkat kedua adalah Rupadatu, yang menggambarkan kehidupan di dunia. Terakhir adalah Karmawibangga, yaitu dunia pembalasan atau karma.

Bila mengunjungi candi Borobudur, dan ingin menikmati kisah relief yang ada, maka relief harus selalu berada di sebelah kanan (berjalan kearah kiri). Ada lebih dari 1440 panil relief yang ada di Borobudur. Sayang sebagian besar relief karmawibangga diplester. Mitosnya berisi ramalan – ramalan. Tetapi dari sisi konstruksi, fondasi Borobudur tidak dapat menopang bangunan. Sehingga bagian bawah diperkuat dengan plester. Sisa relief karmawibangga berada di sisi tenggara, ada 4 relief yang ada disana. Dengan tanda tulisan kecil berbunyi Virupa, yang artinya buruk rupa.

tetapi jangan kuatir, ada moseum yang terletak didekat candi borobudur. disana anda dapat melihat pameran panel-panel yang berisi dokumentasi karmawibangga yang diabadikan oleh kassian cephas. fotografer pertama asli pribumi. sebagai catatan, beliau telah menggunakan kamera fotografi 2 tahun setelah george eastman mengeluarkan kodak photo camera. berarti dari dulu orang Indonesia sebenarnya tidak gaptek ya?!
relief_frame.jpgbentuk.gif
kerajinan cetak relief yang ada di borobudur merupakan hasil kreativitas lokal yang menjadi salah satu komoditi unggulan magelang (kiri). bentuk dasar skema borobudur secara tampak atas, terdiri dari bentuk dasar segi empat dan lingkaran (kanan)

borobudur_kecil.jpg
sudut pemotretan landscape borobudur tampak dari pendopo (kalo ngga salah) kulon. di pendopo juga terdapat miniatur borobudur.

relif_berjamur.jpg relief pasca perawatan
perawatan borobudur ditangani secara khusus. terutama untuk membersihkan jamur batu. penanganan dan perawatan borobudur juga dibantu oleh PBB. tampak pada gambar atas, perbedaan kondisi relief sebelum dan setelah perawatan.

foto_patung_budha.jpg
terdapat stupa-stupa di 3 level teratas dari candi borobudur. stupa tersebut didalamnya terdapat sosok atau figur yang dapat dianggap telah mecapat tahap Buddha. figur yang paling terkenal adalah (orang jawa bilang) stupa kuntadewa. indikasinya adalah stupa yang paling banyak dirogoh tangan oleh wisatawan. menurut mitos, siapapun yang dapat meraih jari tangan patung, akan terkabul keinginannya.

foto talang air pada candi borobudur
bentuk talang air (sewer system) yang terdapat dalam bangunan candi. teknologi yang diterapkan termasuk sangat maju untuk jaman itu dan masih berfungsi sampai saat ini. hal ini dibutuhkan karena borobudur adalah bangunan raksasa yang memiliki penampang luas serta terbuka.

foto relief hasil kerajinan borobudur
beberapa relief tiruan hasil kerajinan yang cukup otentik. bila dicermati, relief yang terdapat di candi borobudur menggunakan metode grafis yang unik. di setiap panil, bangunan binatang dan manusia memiliki perspektif ketinggian yang sama, tetapi tidak tampak janggal.

4 responses

29 08 2008
Adhi Subagio

WAH hebat ya orang indonesia…..

22 01 2009
danarka

relief tiruannya bisa didapat di mana ya? Saya tertarik mas

24 09 2009
herrysart

saya bikin dari batu larva merapi.perbandingan 1:1.sila hub via email sy.herrys77@yahoo.co.id/via facebook.com.atau indonetwork.co.id trimakasih

13 02 2010
www.patungbatumuntilan.blogspot.com

Artikelnya menarik sekali, bisa menambah wawasan kami …
thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: