Tour de Merapi

Menjelajah merapi adalah salah satu bagian dari tour de magelang. dalam tour ini ada 2 obyek utama yang menjadi fokus. pertama adalah obyek alam, yang kedua adalah obyek bangunan. Rute MerapiMerbabu merupakan rute jalan yang menghubungkan Magelang dengan Surakarta (Solo) melewati kaki gunung Merapi dan Merbabu. Rute alternatif ini terdiri dari jalan beraspal yang lebar dan bagus sepanjang sekitar 60 kilometer. Dan melewati berbagai obyek wisata yang dapat dikunjungi. Antara lain di kilometer-25 (dari kota magelang) dapat ditemui kompleks candi Hindu peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Kemudian di kilometer-30 terletak Merapi Pass yaitu gardu pandang yang diresmikan oleh Ibu Mega, sedangkan pada kilometer-35 dapat ditemui obyek air terjun Kedungkayang. Pada kilometer-40 (di punggung Merapi), terdapat kota kecil (town) tempat beristirahat dan melepas lelah bernama Selo. Dari selo, jika ingin mendaki Merapi hanya dibutuhkan waktu sekitar 4 jam.

sawah01.jpg
aktivitas hunting foto pagi, di rute merapi memang benar-benar indah. apalagi kalo cuaca sangat cerah. untuk fotografer, paling ngga CF 512MB akan langsung penuh dalam 1/2 – 1 jam karena banyak obyek yang menarik untuk diabadikan. tapi, jangan dikira nyantai ajaa… dinginya itu lho… ngga ketulungan rek.

Merapi merupakan gunung dengan aktivitas vulkanis tertinggi di dunia. Dengan guguran lava sekitar 3 – 5 kali per hari. Guguran lava pijar tersebut dapat dilihat dengan indah dari tiga tempat. Pertama adalah dari Pos Pengamatan Merapi Babadan. Kedua di Jurang Jero, dan ketiga di Kaliurang (semacam Lembang-nya Yogya). Banyak mitos yang melingkupi gunung Merapi. Bila orang melihat harimau putih di pinggir desa yang berada di kaki Merapi, maka mereka akan mengungsi karena Merapi sedang marah. Tetapi jika tidak ada yang melihat harimau putih itu, maka mereka akan susah disuruh mengungsi, walaupun merapi sedang memperlihatkan aktivitas vulkanis tinggi. Dan orang tidak boleh membunyikan kentongan bila Merapi sedang aktif, karena akan mengusir pelindung mereka. Setelah peristiwa erupsi 16 mei 2006, merapi mengangkat tokoh lokal menjadi tokoh berskala internasional. beliau adalah juru kunci merapi, mbah Marijan..

citra termal merapi
citra termal merapi (sumber gambar LAPAN yang diambil dari remote sensing NASA satelite imagery) digunakan untuk tinjauan mitigasi bencana. dari citra termal tampak arah panas yang berasal dari crater/kawah. citra ini nyisip disini untuk menunjukkan bahwa ancaman nyata gunung merapi juga menjadi perhatian internasional lho.

foto merapi
suasana pagi hari di rute merapi – tepatnya di daerah sawangan

bunga di tepi jalan
bunga di tepi jalan… liar dan bagus, (kayak judul lagu)

traktor alami
aktivitas pak tani dengan “traktor alami” masih banyak dijumpai

gardu pandang merapi
gunung merapi tampak dari gardu pandang, terdapat patung garuda yang menandai merapi pass. disana terdapat teater yang akan menayangkan film tentang merapi dengan durasi sekitar 1/2 jam. dari merapi pass, dapat dilihat puncak gunung menggunakan teleskop pengamatan yang menggunakan koin.

pagi di merapi kedung kayang
jalan pedesaan yang beraspal dan halus, menjadi ciri jalanan di wilayah rute merapi. tampak aktivitas harian masyarakat di pagi hari (kiri). air terjun kedung kayang adalah salah satu obyek wisata di rute merapi (kanan).

Mengingat Postingan ini dibuat 9 tahun yang lalu maka saya merasa perlu untuk membuat postingan yang baru tour de merapi tahun 2010-2016.

2 responses

8 10 2008
Ig.B.Priharto

Ini merupakan ide yang bagus u/ memberikan inspirasi alternatif obyek pariwisata, mohon informasi lebih lanjut ttg waktu yg. paling tepat yg. mendukung dengan pelaksanaan kegiatan di atas (mis. waktu kerja petani dsb.)

28 08 2016
4arion

mengunjungi areal gunung merapi yang paling bagus adalah saat musim kemarau. kita bisa mendapatkan visualisasi yang mantab banget. Terutama saat gunung Merapi berwarna merah di bulan agustus/september. demikian info dari saya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: